Saturday, March 14, 2020

Mengenal Singa Siraja Hutan


jika kamu menyukai kucing dan memelihara kucing di rumah kamu, nah kamu juga harus tau lo kalo Singa adalah spesies hewan yamg tergolong pada keluarga felidae atau jenis kucing cuma hanya saja kucing yang satu ini memiliki ukuran yang lebih besar dari kucing yang sering kali kamu temui sehari-hari ya guys. Singa termasuk hewan yang berkelompok guys dimana memiliki kelompok yang biasanya di pimpin oleh singa jantan yang berjumlah sekitar 1-6 dan memiliki banyak singa betina. Kelompok singa ini sangat menjaga wilaya kekuasaannya, jadi jangan merusuh di sana ya guys kalo gak mau di terkam rame-rame hehe. Biasanya umur Singa di alam bebas berkisar dari 10-15 tahun. Namun di dalam penangkaran bisa mencapai hingga 20 tahun
Singa betina memiliki peran yang sangat penting karena tugas dari singa betina yaitu berburu dan menyediakan stock makanan untuk kelompok, sedangkan singa jantan bertugas menjaga wilayah kelompok agar tidak di masuki oleh singa lainnya. Singa jantan di yakini memiliki kekuatan yang lebih unggul dari kucing besar lainnya, namum di balik kekuatan besar yang di yakini tersebut singa jantan memiliki kekurangan yaitu tidak bisa memanjat pohon semahir kucing besar lainnya. Singa jantan memiliki bulu di tengkuknya hal ini juga dapat melindungi tengkunya,terutama dalam pertarungan antara kucing besar lainnya yang mengincar tengkuk dalam perkelahian tersebut, seperti citah dan macan tutul  yang memiliki ukuran tubuh jauh lebih kecil dibandingkan si raja hutan. walaupun memiliki kekeluargaan dengan harimau, singa tidak menyukai air. Berbeda dengan harimau yang suka dengan air.
Singa yang terkenal di dunia adalah Bongo. Singa yang menjadi bintang film dalam film George of the Jungle. Bongo adalah singa paling jinak yang meninggal karena sakit paru-paru. Singa kedua yang paling jinak di dunia adalah Zamba yang merupakan peliharaan Ralph Helfer.

jenis spesies


Habitat yang di tempatin oleh singa.
singa hidup di seluruh penjuru Afrika, Eropa, Timur Tengah dan juga anak benua India. Tetapi sekarang habitat yang di miliki singa hanya di sebagian kecil anak benua India dan Afrika.hal ini di karenakan banyaknya pemburuan terhadap singa untuk di ambil kulitnya oleh manusia, jadi menurut kalian lebih mengerikan mana singa atau manusia.

Berbagai Spesies singa yang masih hidup hingga sekarang

Panthera leo krugeri
Habitatnya terdapat di daerah Afrika Selatan.
Panthera leo bleyenberghi
Habitatnya terdapat di daerah Kongo, Zimbabwe, dll.
Panthera leo massaieus 
Habitatnya terdapat di daerah Tanzania, Kenya.
Panthera leo persica
Habitatnya terdapat di daerah India.
Panthera leo senegalensis
Habitatnya terdapat di daerah Senegal.

Berbagai Spesies singa yang punah

Panthera leo leo
Habitatnya di bagian utara benua Afrika.
Panthera leo melanochaita
Habitatnya di Afrika Selatan.
Berdasarkan temuan para arkeologi terdapat dari gambar-gambar di dinding, sekitar 15.000 tahun yang lalu diperkirakan singa hidup di Eropa, dan 5.000 tahun yang lalu pernah ada di daerah Yunani.    

Fisiologi

Panjang singa jantan berada pada rata-rata 260-330 cm, dan singa betina pada rata-rata 240–270 cm. Panjang ekor jantan pada rata-rata 70–105 cm, betina 60–100 cm. Panjang dari ujung kaki ke pundak jantan pada rata-rata 80–123 cm, betina 75–110 cm. Berat singa jantan dewasa sekitar 150 kg - 250 kg, sedangkan singa betina berkisar 120–185 kg. Berat bayi singa yang baru dilahirkan sekitar 1,2 kg hingga 2,1 kg.

Ciri khas berdasar jenis spesies

Panthera leo leo
bulu tebal disekitar tengkuknya berevolusi melewati pundaknya singa. bulu tebal warnanya hitam.
Panthera leo bleyenberghi
bulu tebalnya tidak berevolusi.
Panthera leo Krugeri
bulu tebalnya hitam
Panthera leo massaieus 
bulu tebalnya berevolusi tetapi tidak melewati pundak
Panthera leo melanochaita 
panjang singa betina sekitar 170 cm. panjang ekor betina kira-kira 90 cm.
Panthera leo persica  
panjang sekitar 190 cm. panjang ekor 80-90cm
Panthera leo senegalensis 
bulu tebalnya tidak berevolusi. warna bulu tebalnya kuning.

Hidup

Singa habitatnya di padang pasir. Hewan ini tergolong noktural, singa dalam sehari dapat menghabisi 20 jam waktunya untuk berbaring . Tiap kelompok singa terdiri dari jantan 1-6 ekor, betina 4-15 ekor. Wilayah luas kekuasaan kelompok singa bisa sekitar 20–400 km2. Jika hewan buruan untuk makan kelompok mulai susah untuk di cari, singa betina akan seharian penuh mencari makanan sambil meluaskan wilayah kekuasaan kelompok mereka. Singa jantan memiliki tugas untuk melindungi singa betinanya dari singa jantan lain yang berada di luar kelompok, dan menjaga wilayah kekuasaan yang telah di milikinya sehingga tidak ada penyusup atau singa lain yang masuk daerah kekuasaannya. Ada kalanya singa jantan merebut wilayah kelompok lain, maka ketika singa jantan tersebut berhasil merebut wilayah kelompok lain maka singa jantan tersebut akan membunuh anak singa yang terdapat di kelompok yang kalah. Kecepatan lari yang di miliki singa jantan adalah 58 km/jam.
Singa termasuk hewan karnivora, dengan jenis buruan biasanya mamalia besar yang memiliki berat tubuh 50–500 kg. Bukan hanya itu singa juga memangsa mamalia kecil seperti burung, reptil, dan serangga. Singa biasanya akan berburu di waktu malam, Tetapi jika wilayah buruannya memiliki rumput panjang untuk menyamarkan dirinya dari hewan buruannya maka singa akan berburu di siang hari juga. singa betina yang memiliki tugas berburu dan hasil buruan akan di makan deluan oleh singa jantan (dimonopoli singa jantan).

Musim kawin para singa

Pada saat musim kawin, sekali kopulasi waktunya hanyalah adalah 20 detik untuk 1 betina(cepat amat), sehari singa jantan bisa menikah hingga 50 kali(gimana gak banyak cuma 20 detik). Waktu hamilnya singa betina berkisar 98-120 hari, dan betina yang hamil akan minggat dari kelompok untuk sementara. Biasanya sekali melahirkan akan melahirkan 1-6 ekor anak singa yang lucu. Waktu menyusuinya anak singa sekitar 7-10 bulan. Anaka singa biasanya sering di bunuh oleh singa jantan dari luar kelompok. Anak singa yang dapat bertahan hidup sampai 1 tahun hanya sekitar 40%, sampai 2 tahun adalah 20%, jika sudah menjadi singa dewasa maka tingkat kematian turun derastis. Singa jantan umur 3-4 tahun sudah menjadi singa dewasa, dan singa betina 3 tahun sudah menjadi singa dewasa. Pernah ada singa yang dipelihara sampai umur 24 tahun.

Berburu

Singa biasanya akan berburu berkelompok untuk mengejar mangsanya. Dan singa jantan tidak ikut berburu karena tubuhnya yang besar dan bulunya yang lebar membuatnya mudah di ketahui oleh mangsanya, Selain itu singa jantan tidak memiliki kelincahan seperti singa betina, Kecepatan singa betina berkisar 81 km/jam. Walaupun kecepatan singa betina sangat cepat namum hanya sebentar. Karena itu, sebelum menyerang mangsa, singa betina akan mendekati mangsanya hingga jarak 30 m dari mangsa dan dan biasanya memilih berburu pada malam hari. Biasanya singa akan menyerang bagian batang leher mangsanya agar tidak bisa bernafas.
Singa biasanya akan mengincar mamalia besar seperti zebra, babi, antelop, dll.jika memungkinkan singa akan menyerang hewan dengan bobot 300 kg. Walaupun bisa menyerang hewan-hewan besar seperti badak dewasa, jerapah, dan gajah, hal ini jarang di lakukan oleh singa untuk menghindari cedera karena berburu hewan besar tersebut.singa menghabiskan 30 kg ketika makan. Kalau buruan tersebut tidak habis singa akan memakannya beberapa jam kemudian. Minimal singa jantan dewasa memerlukan 7 kg daging per hari, singa betina dewasa memerlukan 5 kg daging per hari.
Anak singa akan di ajari berburu pertama kali pada umur 3 bulan, Waktu berburu sebenarnya adalah sewaktu umur sekitar 1,2 tahun untuk sekor singa dapat di sebut berburu.

Singa dalam cerita

Singa dianggap hewan yang paling megah dan sering dianggap raja rimba dalam cerita-cerita seperti dongeng. Singa sering dijadikan sebagai tokoh antagonis, tetapi singa juga sering dijadikan tokoh protagonis seperti dalam film animasi The Lion King.

Lambang

Singa banyak digunakan sebagai lambang negara, seperti di negara Singapurayang menjadikkan singa sebagai ico negaranya, hal ini menunjukkan betapa kuatnya karisma singa di negara-negara teretentu

Nama-nama kota

Singa dipakai juga sebagai nama-nama kota. Berikut ini adalah contohnya:
  • Singajaya
  • Singaparna
  • Singapura
  • Singaraja
Nah apakah teman-teman sudah mendapatkan info yang cukkup bagus tentang singa untuk di pahami dan di pelajari, dan jangan lupa untuk mengikuti blog saya selanjut tentang hewan ya.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support